Cara mengatasi HP Restart ketika Menyalakan Data Internet Selular - Berita Indonesia Pagi

Cara mengatasi HP Restart ketika Menyalakan Data Internet Selular

Solusi mengatasi HP Android mati ketika Menyalakan Sambungan Data Internet. Untuk pengguna HP Android saat ini memanfaatkan jaringan data selular memang sudah wajar disamping adanya opsi terhubung ke Internet via jaringan WiFi. Bahkan saat ini beberapa vendor smartphone berlomba-lomba untuk menghadirkan fitur 4G-LTE untuk menggaet para pembelinya, dan berbanding lurus dengan itu para provider selular juga semakin agresif menawarkan berbagai program paket data termurah untuk jaringan 4G.
Bicara mengenai sambungan data internet via kartu selular walaupun sebagian besar pengguna android mudah melakukannya namun ada saja permasalahan yang menghampiri HP kesayangannya, diantaranya yang akan kita bahas kali ini yaitu problem HP android yang tiba-tiba mati dan restart sendiri ketika sambungan data internet via kartu selular dinyalakan. Apa yang terjadi dan bagaimana solusinya?
Ternyata Problem yang timbul di HP android tidak hanya itu dalam kasus yang satu ini, ketika melakukan sambungan data internet melalui Opsi WiFi ternyata smartphone tidak bermasalah dan tidak restart dan ketika hanya menghubungkan ke jaringan data selular saja yang menyebabkan ponsel restart. Kejadian begitu seterusnya tanpa ada kesempatan bagi si pemilik HP untuk menikmati kuota data yang sudah terlanjur dibeli, jadi nganggur kan?

Penyebab dan cara mengatasi HP Restart sendiri ketika data internet selular dinyalakan

Di bawah ini admin akan memberikan tips bagaimana caranya agar ponsel kembali bisa terhubung ke jaringan internet melalui sambungan data selular, yuk disimak tipsnya.
1. Pastikan dahulu sinyal yang didapat dari kartu selular anda sudah stabil. Pada kasus umum, sinyal selular yang cenderung minim (hanya satu sampai dua bar) bisa menyebabkan hardware Ponsel bekerja terlalu keras dan akibatnya bila perangkat ponsel (hardware) tidak bisa memenuhi kebutuhan untuk menstabilkan signal maka yang terjadi sistem akan melakukan reboot paksa walau tanpa ada campur tangan dari penggunanya.
Seperti halnya di CPU / komputer, bila Prosesor dan RAM kelebihan beban dan menyebabkan panas berlebih maka untuk mengamankan hardware akan secara otomatis melakukan shutdown atau restart terhadap sistem.
Jadi solusi pertama, pastikan sinyal jaringan selular kartu anda saat itu sudah stabil tidak naik turun apalagi samapi no signal. Coba car tempat yang lebih terbuka agar memperoleh cakupan sinyal yang kuat, dan bila tidak mengatasi masalah ketika melakukan tips pertama ini, lanjut ke solusi kedua di bawah ini.|

2. Lakukan reset factory atau pengembalian ke pengaturan awal pada sistem, hal ini dilakukan karena kasusnya setiap kali menyalakan data internet via WiFi ternyata bisa dan lancar digunakan untuk browsing atau menjalankan aplikasi tanpa hambatan. Namun ketika menyalakan data internet melaui data selular mati, itu bisa jadi sistem yang bermasalah.

Nah, solusi paling mudah dilakukan adalah dengan mengembalikan settingan sistem ke pengaturan awal. Caranya, masuk ke menu settinga atau pengaturan di ponsel dan masuk ke opsi keamanan kemudian masuk ke opsi backup dan restore ( setiap versi android akan berbeda tata letak opsinya, jadi bisa menyesuaikan)
Setelah melakukan reset pengaturan android dna ternyata tetap tidak bisa juga walaupun Kartu selular sudah mencoba pinjam ke teman juga tetap restart sendiri, silahkan lakukan opsi ke tiga di bawah ini.
3. Bila dengan reset factory tidak bisa admin sarankan untuk dilakukan flashing ulang firmware android. Dimana fungsi flashing layaknya di Komputer / PC agar semua sistem fresh kembali diganti dengan firmware yang baru, kalau bahasa kerennya Clean install.
Nah, karena tidak semua pengguna android bisa melakukan flashing ulang karena membutuhkan skill khusus maka admin sarankan untuk membawanya ke tukang service yang terpercaya di sekitar anda, atau saran admin bila HP dalam masa garansi harap membawanya ke service center resmi agar tidak mengeluarkan biaya banyak atau bahkan gratis.
4. Opsi yang keempat sebenarnya sudah terwakili dengan opsi yang ketiga yaitu ketika dilakukan flashing sudah tidak mengatasi masalah maka ada kemungkinan besar hardware pada jalur data selular yang bermasalah dan harus direpair atau diganti dengan komponen yang baru. Jadi bawa ke service center resmi agar tepat memberikan solusinya untuk HP android anda.
Itulah beberapa tips mengatasi masalah HP android restart sendiri ketika menghidupkan sambungan data selular.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel