contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut kecuali - Berita Indonesia Pagi

contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut kecuali

 

contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut kecuali

Contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut, kecuali osmosis balik.

Osmosis balik merupakan aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang pemurnian air.

Apikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi antara lain biofuel, biogas, panel surya, PLTA (air), PLTPSAL, PLTA (angin), geothermal, fuelcell dan hydrogen power.

Contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah sebagai berikut, kecualia.

A.teknologi biofuel
b. teknologi osmosis balik
c. teknologi panel surya
d. teknologi geotermal


Rumus dan Petunjuk Pengerjaan


Berikut ini adalah langkah-langkah pengerjaan soal berdasarkan dari pernyataan mengenai yang bukan termasuk dalam contoh dari pengaplikasian teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi, yaitu:


Mengetahui apa yang dimaksud dengan teknologi ramah lingkungan

Mengetahui contoh aplikasi teknologi ramah lingkungan

Menyimpulkan yang bukan termasuk contoh dalam pengaplikasian teknologi ramah lingkungan


Penjelasan Soal aplikasi teknologi ramah lingkungan


Teknologi yang sebagian besar menggunakan sumber energi berbahan dasar fossil, memiliki dampak negatif bagi kehidupan manusia selanjutnya.

Salah satunya berdampak buruk bagi lingkungan, yaitu habisnya sumber daya alam, terdapat berbagai pencemaran lingkungan, dan musnahnya beberapa makhluk hidup lain.

Teknologi ramah lingkungan merupakan salah satu solusi penanggulangan dampak negatif dari teknologi berbahan dasar fossil.
Teknologi ramah lingkungan merupakan teknologi yang menimbulkan dampak negatif minimal terhadap lingkungan berdasarkan hasil kajian.

Teknologi jenis ini dilakukan dengan memerhatikan prinsip-prinsip pelestarian lingkungan. Banyaknya dampak negatif yang dihasilkam dari teknologi berbahan dasar fossil membuat manusia juga semakin berlomba-lomba dalam melakukan penelitian terkait dengan teknologi ramah lingkungan dan menghasilkan produk ramah lingkungan.

Terdapat beberapa jenis teknologi ramah lingkungan yang telah ditetapkan hanya menghasilkan limbah negatif yang sedikit, yaitu:


Teknologi biofuel merupakan salah satu teknologi yanh menggunakan bahan dasar dapat diperbaharui berupa bahan-bahan organik. Biofuel berbeda dengan fosil, karena dapat diolah dengan langsung tanpa menunggu proses yang lama. Terdapat dua jenis biofuel, yaitu etanol dan biodiesel.


Teknologi panel surya merupakan sebuah teknologi yang digunakan untuk mengubah cahaya natahari menjadi energi listrik. Alat yang digunakan adalah photovoltaic (PV) sel yang berupa lembaran tipis terbuat dari unsur Si (silikon) yang dimurnikan.


Teknologi geotermal merupakan teknologi yang memanfaatkan panas dari dalam tanah (bumi). Energi ini dapat digunakan energi yang tersimpan ini untuk memanaskan dan mendinginkan bangunan serta menghasilkan listrik.


Pada pilihan jawaban terdapat teknologi osmosis balik. Teknologi ini merupakan suatu teknologi yang berkaitan dengan prinsip osmosis normal pada biasanya. Osmosis terjadi apabila 2 cairan memiliki konsentrasi tinggi dengan rendah yang dipisahkan membran semipermeabel, maka air dengan konsentrasi rendah berpindah menuju ke daerah konsentrasi tinggi melalui membran semi permeabel sampai terjadi kesetimbangan. Sedangkan osmosis balik adalah adanya tambahan tekanan yang lebih besar dari tekanan osmosisnya, sehingga aliran air tersebut berbalik menuju asalnya dengan meninggalkan sisa pada membran semipermeabel.


Jawaban Akhir dan Kesimpulan aplikasi teknologi ramah lingkungan......


Berdasarkan dari langkah-langkah yang telah dikerjakan di atas beserta penjelasannya, maka dapat disimpulkan yang bukan termasuk dalam aplikasi teknologi ramah lingkungan dalam bidang energi adalah b. teknologi osmosis balik karena bukan termasuk dalam bidang energi


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel