Apa itu Aplikasi Instan dan cara mengaktifkannya di Android - Berita Indonesia Pagi

Apa itu Aplikasi Instan dan cara mengaktifkannya di Android


Apa itu Aplikasi Instan dan cara mengaktifkannya di Android




Pengertian Instan App dan cara mengaktifkannya di HP android. Saat ini aplikasi yang banyak beredar di play store Google sudah memiliki opsi kompatible instan app, dimana nantinya pengguna smartphone android yang ingin menjalankan aplikasi tidak harus melakukan instalasi terlebih dahulu dan bisa dijalankan langsung dari android. Lho kok bisa?, bagaimana cara kerjanya dan apa keuntungan menggunakan instan aplikasi?, untuk mengetahui jawabannya silahkan simak ulasannya di bawah ini.
Aplikasi Instan merupakan fitur terbaru yang ada di android versi 6.0 (marshmallow) dan diatasnya, dimana fungsi utamanya adalah menjalankan aplikasi yang ada di play store tanpa harus menginstallnya terlebih dahulu. Jadi pengguna android bisa langsung menjalankan aplikasi yang sudah mensupport instan app dan file yang masuk di ruang penyimpanan berukuran kecil karena tidak terpasang secara permanen di memori.
Kelebihan menggunakan opsi aplikasi instan di android selain menghemat pemakaian space memori, anda tidak perlu memenuhi ruang memori dengan aplikasi yang nantinya anda bongkar pasang karena tidak sesuai keinginan. Pemilik android cukup menjalankan aplikasi yang support instan app kemudian bila sudah puas dan ingin memasangnya maka bisa melakukan instalasi seccara permanen.
Bagaimana cara kerja aplikasi instan sehingga bisa berjalan tanpa dipasang terlebih dahulu di android?, logika sederhananya yaitu asset dan script penting dari aplikasi diunduh seminimal mungkin ke dalam memori smartphone tanpa mengurangi fungsional dan jalannya app.

Cara Mengaktifkan Instan aplikasi di Android

Catatan, di tutorial ini admin menggunakan smartphone Samsung dengan versi android 6 Marshmallow. Jadi untuk tipe smartphone lain yang versi androidnya sama maupun diatasnya bisa menyesuaikan letak menunya.
1. Pertama kali masuk ke menu pengaturan, kemudian ke opsi Google (pengaturan Google)
2. Di halaman yang terbuka lihat di opsi layanan ada menu ‘Aplikasi Instan’, masuk ke dalamnya dan posisi slider masih OFF, silahkan geser sampai ada notifikasi persetujuan.
3. Di tampilan popup akan terlihat halaman persetujuan, klik saja tombol ‘ya, saya ikut’ dan seketika itu pula slider akan berubah warna biru/hijau yang berarti anda sudah siap untuk menjalankan aplikasi instan.

Cara Mencari dan Menjalankan Aplikasi Instan

Lalu bagaimana cara mencari aplikasi yang mensupport instan app di play store yang jumlahnya ribuan?, apa nnggak pusing mencarinya?, tenang saja, untuk mencari aplikasi yang sudah mensupport instan app caranya adalah:
1. Silahkan buka aplikasi browser Chrome di android anda
2. kemudian pada kotak pencarian google, silahkan ketik nama aplikasi dan ikuti dengan kata instan. admin mencontohkan mencari aplikasi Wish, dan ternyata di google chrome menunjukkan bahwa aplikasi tersebut support instant app dengan ditandai tulisan instan di samping nama app-nya.
3. Untuk menjalankan silahkan klik link aplikasinya, tunggu sebentar selama proses persiapan loading aplikasi
4. Bila berhasil maka aplikasi yang sudah support instant app akan bisa anda gunakan
5. Anda juga bisa melakukan install atau pemasangan aplikasi bila sudah puas mencobanya, dengan masuk ke pilihan opsi apl.
6. Di opsi Aplikasi selain ada tombol Install juga ada opsi tombol ‘clear App Data’ dimana anda bisa membersihkan data dan cache di aplikasi yang baru saja anda jalankan agar tidak memenuhi space memori ponsel.
Itulah pengertian dan cara mengaktifkan aplikasi instan yang ada di android Marsmallow dan diatasnya, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel